-->

Berbagi apa saja kepada dunia

4 Teknik Dasar Editing Video

Pengen tahu cara bikin video kece ala para youtuber tapi kurang pede dengan kemampuan editing video kamu? Tenang, walaupun kamu adalah seorang pemula dan belum begitu mahir kamu tetap bisa mencoba mengedit video dengan cara sederhana. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi editing di internet yang tentunya akan membantumu dalam proses editing. Teknik dasar tersebut dibagi menjadi empat, yuk simak apa saja teknik- teknik dasar yang wajib kamu ketahui dalam editing.

1. Trim 

Praktis dan Simpel Banget Nih, 4 Teknik Dasar Editing Video

Sumber: cladeo,com

Kamu bisa menggunakan teknik editing trim atau trimming untuk memangkas suatu objek. Proses editing tentu akan sangat membutuhkan fungsi ini, yang mana kamu dapat mengedit suatu bagian ataupun membuang bagian yang tidak kamu inginkan. Selain itu dalam teknik dasar editing video kamu bisa menggunakan fungsi trim untuk memperpendek durasi video yang ditayangkan.

Adanya Trims ini akan membantu menyusun video sesuai kehendakmu dan tidak ada bagian video yang tidak kamu sukai karena sebelumnya kamu telah melakukan pemangkasan pada bagian yang tidak perlu kamu tampilkan. Jadi bisa sangat menghemat durasi serta besar data yang akan dihasilkan pada output format video akhir nantinya. 

Kamu juga bisa menyesuaikan durasi video dengan kebutuhan acara yang akan kamu lakukan sehingga tidak akan terjadi miscommunication antara lama pemutaran video dengan rundown acara yang kamu buat. Trim ini difungsikan khusus untuk menentukan sebuah awal dan akhir sebuah video. Jadi kita hanya akan menggunakan trim di awal dan akhir video. 



2. Split 

Praktis dan Simpel Banget Nih, 4 Teknik Dasar Editing Video

Sumber: cladeo,com

Selanjutnya kamu bisa menggunakan teknik editing Split untuk memecah sebuah video menjadi beberapa bagian. Pemecahan video ini akan menguntungkan kamu saat kamu membutuhkan video dengan durasi yang singkat dan berkaitan antara satu video dengan video yang lainnya. Nah, apa sih keuntungannya menggunakan Split pada editing video. Pertama kamu tidak perlu memutar video dari awal lagi misal ingin memutar video di bagian tengah.

 Kedua, secara otomatis video yang sudah di-split akan terbagi menjadi beberapa bagian, ini memudahkanmu saat ingin memutarnya. Ketiga, adanya split sangat bermanfaat untuk acaramu yang mengonsepkan acara inti dengan selingan video atau musik. Cara melakukan split pun juga sangat mudah, kita hanya perlu meletakan kursor pada bagian yang ingin kita beri efek split kemudian tekan tombol S pada keyboardSplit pun sudah aktif dalam video buatan kita.

3. Join

Praktis dan Simpel Banget Nih, 4 Teknik Dasar Editing Video

Sumber: cladeo,com


Join merupakan teknik dasar dalam editing video yang digunakan untuk menggabungkan dua gambar menjadi satu. Selain gambar kamu juga menggabungkan video, musik, dan juga konten yang lainnya ke dalam video yang kamu buat. Hal ini membuatmu dapat terus berkreasi dengan video yang kamu buat. Join akan memungkinkanmu menggabungkan gambar yang menarik ke dalam gambar yang kamu ambil. Join juga memungkinkanmu memasukan video lain ke dalam video yang sedang kamu buat. Cara membuat join juga cukup mudah tinggal mengimpor gambar dan file lainnya ke dalam task videomu kemudian tinggal kamu join-kan saja.




4. Cut 

Praktis dan Simpel Banget Nih, 4 Teknik Dasar Editing Video

Sumber: bandicut,com


Cut merupakan teknik dasar editing video yang digunakan untuk memindahkan gambar satu dengan gambar lainnya tanpa adanya interupsi terlebih dahulu. Cut ini berfungsi untuk memperjelas adegan atau gambar sebelumnya dengan menampilkan detailnya. Ada hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan cut pada editing video yaitu komposisi dan kontinuitas gambar. Keduanya sangat berpengaruh terhadap hasil editing dan dapat mengganggu serta membuat rancu alur cerita bila salah dalam menempatkan cut. Makanya harus sangat teliti dan perlu dilakukan pengecekan berulang kali saat sedang berada di proses cutting video yah.
0 Komentar untuk "4 Teknik Dasar Editing Video"

Back To Top