-->

Berbagi apa saja kepada dunia

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, kita juga harus sadar dan selalu waspada akan segala kejahatan yang ada. Mungkin ada banyak darimu yang belum sadar jika pelaku kejahatan di dunia maya selalu mengincar banyak calon korban. Aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer ini biasa disebut dengan cybercrime.

Walaupun kita terlihat aman-aman saja, namun ternyata ada banyak pola ataupun cara yang dilakukan oleh para pelaku cybercrime yang mengintai. Berikut ada beberapa cara atau tips cegah cybercrime yang dapat kamu lakukan.

1. Lindungi gadget yang digunakan

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime
Ilustrasi keamanan. (Sumber: pexels)


Salah satu hal penting yang harus kamu lakukan untuk melindungi gadget ataupun peranglat komputer lainnya adalah dengan mengaktivasi perlindungan akses data. Hal ini dilakukan unyuk mencegah orang lain agar tidak bisa sembarang mengakses atau menggunakan hal-hal yang tidak berkenan.


Penting bagimu untuk menjaga keamanan gadget dan software agar tetap terupdate. Biasanya ada banyak notifikasi secara berkala tentang update perangkat yang ditujukan untuk menutup celah keamanan pada gadget milikmu. Sehingga penting bagimu unyuk mengiktui rekomendasi update yang diberikan.
2. Hindari penggunaan software bajakan

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime
Ilustrasi software. (Sumber: shutterstock)


Biasanya banyak diantaramu yang pasti menggunakan software bajakan atau software yang tidak resmi. Hal ini karema enggan untuk membeli atau mengeluarkan uang membeli software asli dan lebih memilih menggunakan yang versi bajakan.

Padahal ternyata ada banyak malware yang tertanam di dalam aplikasi bajakam tersebut. Hal ini tentu sangat tak baik bagi gadget atau perangkat milikmu. Sehingga ada baiknya kamu bermigrasi menggunakan aplikasi open source yang gratis agar terhindar dari malware atau spyware.


3. Rajin ubah password
6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime
Ilustrasi ubah password. (Sumber: idgesg.net)


Sebenarnya cara ini merupakan salah satu cara sederhana yang bisa kamu ikuti, yaitu mengubah password. Kamu juga harus coba untuk menggantinya secara berkala untuk menghindari adanya cybercrime.

Pastikan akunmu sudah menggunakan password yang kuat. Jika memungkinkan kamu bisa menggunakan banyak kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, angka ataupun simbol agar password atau kata sandi kuat dan tak mudah dilacak.

4. Selalu back up data penting

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime
Ilustrasi backup data. (Sumber: western digital)


Hal mudah lain namun juga penting untuk menghindari cybercrime adalah dengan selalu backup segala data penting, dokumen pribadi seperti foto, musik, video dan lainnya. Hal ini dilakukan agar data tetap bisa terselamatkan apabila sewaktu-waktu ada pencurian data ataupun kesalahan pada sistem komputer ataupun perangkat yang digunakan.

5. Jangan sembarang membagikan info atau data pribadi

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime
Ilustrasi media sosial. (Sumber: pexels)


Kamu juga harus selalu waspada dan menahan diri agar tak sembarang membagikan informasi atau data diri jatuh ke tangan orang yang salah. Apabila tidak penting, hindari memasukan data-data diri ke media sosial.

Terkadang ada pemikiran jika aman membagikan kepada orang terpercaya seperti teman ataupun orang terdekat lainnya. Walau begitu, perlu diingat jika orang terdekat sekalipun belum tentu merupakan orang yang dapat dipercaya.

6. Rajin untuk cek transaksi online

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime
Ilustrasi cek transaksi online. (Sumber: pexels)


Di jaman yang penuh dengan perkembangan teknologi ini kita kerap dimudahkan dengan adanya transaksi online. Bahkan kita jadi kerap berbelanja dan melakukan beragam pembayaran secara online. Hal ini juga penting untuk kamu perhatikan agar terhindar dari cybercrime.

Kamu harus rajin mengecek atau memeriksa transaksi secara teratur yang biasanya data tersebut dikirimkan oleh bank melalui email. Hal ini agar kamu bisa melihat dan mengecek apakah ada transaksi yang tidak benar. Apabila terjadi transaksi mencurigakan dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa menghubungi bank untuk mengonfirmasikannya kembali ataupin mengajukan keluhan ke bank agar transaksi bisa dibatalkan.
0 Komentar untuk "6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime"

Back To Top