-->

Berbagi apa saja kepada dunia

5 Makanan Dunia yang Selalu Menjadi Perdebatan dari Masa ke Masa

Siapa yang tidak suka makan? Sebuah makanan bisa mengubah kehidupan seseorang. Dengan makanan, orang bisa belajar budaya yang berasal dari makanan tersebut bahkan juga, berfungsi sebagai alat untuk menarik perhatian seseorang. Meski demikian, makanan bisa menjadi boomerang juga.

Kenapa boomerang? Banyak orang yang rela berdebat untuk mempertahankan orisinalitas, seperti Indonesia dengan Malaysia yang sering memperdebatkan Rendang dan Cendol, Filipina dan berbagai negara koloni Spanyol dengan Ayam Adobo, dan sebagainya. Namun di artikel ini, tidak akan membahas lebih lanjut makanan yang menjadi sengketa beberapa negara.

Di artikel ini kamu akan mengetahui 5 jenis makanan di seluruh dunia yang masih sering menuai perdebatan dari masa ke masa. Perdebatannya bukan perdebatan sengit yang melibatkan lebih dari satu  negara kok. Tapi dari sini kamu tau ternyata ada berbagai versi untuk mengolah dan mengonsumsi makanan ini.

1.Bubur Ayam

5 Makanan Dunia yang Selalu Menjadi Perdebatan dari Masa ke Masa

sumber (ayobandung)

Salah satu makanan wajib saat sarapan yang sering diperdebatkan warganet. Meskipun template Bubur Ayam selalu sama di setiap tempat, warganet masih memperdebatkan bagaimana mengonsumsi bubur ayam sebenarnya.

Warganet yang memegang mahzab bubur diaduk beranggapan bubur ayam yang tidak diaduk rasanya tidak akan nendang, lebih lucunya mereka beranggapan orang yang tidak mengaduk buburnya adalah orang yang membosankan di hidupnya.

Bagi yang tidak mengaduk, menganggap bubur diaduk terlihat menggelikan sehingga tidak bisa merasakan setiap elemen topping bubur karena sudah tercampur semua, lebih lucunya mereka menanggap orang yang mengaduk buburnya seorang psikopat.

Kalau kamu tim diaduk atau tidak nih? Tapi menggelikan juga ya, masa dari melihat cara orang mengonsumsi bubur langsung bisa membuat asumsi karakter seseorang. Memang ada-ada aja ulahnya.

2.Sushi

5 Makanan Dunia yang Selalu Menjadi Perdebatan dari Masa ke Masa

Sumber (Alphacoders)

Di Jepang sendiri, makanan ini tidak terlalu menjadi perdebatan karena template nya sama, selain itu untuk menjadi seorang chef handal untuk Sushi membutuhkan latihan lebih dari 10 tahun. Melihat seberapa besar dedikasinya menandakan bahwa makanan ini tidak bisa diubah-ubah pengaturannya, dan harus dilestarikan keasliannya.

Namun, cara pengolahan Sushi di negara luar Jepang justru menjadi perdebatan. California Roll, salah satu varian Sushi ini selalu menjadi perdebatan dari awal muncul hingga saat ini. Sejatinya, California Roll adalah Sushi yang dimodifikasi oleh chef Jepang yang merantau, agar rasanya cocok dengan tastebud orang Amerika. Seiring berjalannya waktu varian ini menjadi incaran warga dunia karena toppingnya yang melimpah dan cocok untuk dipadupadankan.

Munculnya California Roll menginspirasi negara lain untuk membuat versi mereka sendiri. Beberapa orang Jepang asli menyayangkan modifikasi Sushi karena, mereka merasa orang luar Jepang tidak menghargai Sushi sebenarnya dan menghambat orang lain yang ingin tahu budaya mereka. 



3.Pizza

5 Makanan Dunia yang Selalu Menjadi Perdebatan dari Masa ke Masa

sumber (beritajowo)

Di Italia sendiri, setiap daerah memiliki jenis Pizza yang berbeda. Maka dari itu, saat imigran Italia memperkenalkan Pizza ke seluruh dunia, orang Italia asli tidak terlalu mempermasalahkan, dengan catatan para imigran tidak lupa unsur penting yang mempertahankan nuansa Italia nya; saus tomat, pepperoni, basil, dan keju.

Yang membuat orang Italia kesal adalah ada beberapa ‘oknum’ yang memasukan bahan tidak masuk akal sebagai topping, salah satunya Nanas. Maka dari itu, istilah Pineapple on Pizza menjadi momok bagi warga Italia. Tren Boba on Pizza juga menghantui orang Italia belakangan ini sehingga mereka kesal karena mereka menanggap warga luar Italia tidak menghargai orisinalitas pizza.

4.Scone

5 Makanan Dunia yang Selalu Menjadi Perdebatan dari Masa ke Masa

sumber (tastemade)


Merupakan kudapan dari Inggris yang umumnya dimakan saat afternoon tea, yaitu momen minum teh dan makan kue-kue kecil bersama teman atau keluarga. Scone sendiri terdiri dari sebuah kue kering yang dibelah, selai stroberi, dan clotted cream yaitu sebuah olesan dari susu sapi yang konsistensinya 2X lebih berat dari krim kocok. Ketiga komponen ini harus dicampur sendiri


Di Inggris sendiri, Scone masih menjadi perdebatan oleh rakyatnya. Dari cara pengucapannya, beberapa tempat menyebutkan skon dan di sisi lain menyebutkan skaun. Begitu juga dengan cara memakannya, ada orang yang mengolesi selainya di atas krim, sebaliknya ada yang mengolesi krimnya diatas selai. Hingga saat ini tidak ada peraturan tertulis di Inggris bagaimana cara mengonsumsi yang benar. 



5.Sereal


5 Makanan Dunia yang Selalu Menjadi Perdebatan dari Masa ke Masa

sumber (vistapointe)


Sarapan pagi yang berasal dari Amerika Serikat, memiliki banyak versi. Ada rasa jagung, buah-buahan, coklat, dan sebagainya. Yang jelas, untuk mengonsumsi cereal hanya diperlukan susu saja.



Meski makannya simple, ternyata hal ini masih menjadi perdebatan lho. Di Amerika sendiri, orang memperdebatkan bagaimana menyediakan cereal yang benar, susu dulu atau cerealnya dulu yang dituangkan. Orang yang memegang mahzab sereal dituangkan dahulu beranggapan mereka bisa mengira-ngira berapa banyak susu yang akan dituangkan sehingga tidak mubazir. Sedangkan bagi yang memegang mahzab susu diituangkan dulu beranggapan rasa pada serealnya akan tercampur dengan sempurna dalam susu sehingga lebih nikmat.



Masih banyak lagi makanan yang penyediaannya dan cara memakannya menjadi perdebatan hangat di publik. Jika kamu merasa tidak terlalu relate dengan sebuah makanan yang tidak tahu asalnya, cukuplah kamu memantau opini-opini mereka saja dan belajar bahwa setiap orang memiliki budaya yang berbeda meskipun mereka bernaung di negara yang sama. Paling terpenting, mau bagaimanapun penyediaannya dan caranya, makanan tetaplah makanan yang akan membawa joy dan pleasure bagi siapapun.
0 Komentar untuk "5 Makanan Dunia yang Selalu Menjadi Perdebatan dari Masa ke Masa"

Back To Top