-->

Berbagi apa saja kepada dunia

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

PowerPoint merupakan aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat presentasi. Namun, ternyata masih ada aplikasi presentasi lain di luar sana yang bisa diandalkan loh. Yuk kita lihat sama-sama daftar aplikasinya!

Membuat presentasi sudah menjadi tugas mutlak ketika kamu kuliah atau masuk dunia kerja. Menyajikan informasi lewat slide presentasi akan mempermudah pekerjaan kamu, GenK. Tantangannya adalah kamu tidak tidak hanya dituntut untuk menyampaikan informasi dengan jelas, tetapi juga harus bisa membuat presentasi yang visualnya menarik. Nah, akan lebih baik lagi jika keduanya digabungkan, GenK.

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint
5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Microsoft PowerPoint menjadi software yang paling umum digunakan untuk menyajikan slide. Tapi tahukah kamu kalau di luar sana ada banyak aplikasi untuk presentasi yang tak kalah andal darinya?



Di zaman yang serba cepat ini, kamu bakal membutuhkan aplikasi presentasi gratis dan bisa diakses secara online. Makanya beberapa aplikasi ini akan sangat membantu banget buat kamu yang punya rutinitas hectic setiap harinya.


Berikut adalah 5 aplikasi presentasi selain PowerPoint yang bisa menjadi alternatif untuk kamu pakai. Ayo disimak, GenK!

1. Prezi, Aplikasi Presentasi Non-Linear



Bosan dengan tampilan slide yang itu-itu saja?

Mungkin kamu harus mencoba Prezi



Prezi adalah aplikasi untuk menyajikan informasi yang menawarkan desain seperti mind map yang bersifat non-linear. Ini akan sangat berguna, karena membuat mind map untuk mengembangkan ide memang pilihan yang tepat. Tidak ada batas yang mengekangmu ketika melakukan brainstorming ide.


Jika kamu lebih nyaman menyampaikan informasi ala peta pikiran, gunakanlah aplikasi Prezi. 
Layaknya sebuah kanvas, aplikasi ini memungkinakan kamu untuk mengatur dan melihat presentasi secara keseluruhan. 

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point
Di aplikasi ini sudah tersedia template gratis beserta teks, simbol, grafik, foto, video, dll. Kemudian kamu juga bisa mengatur alur slide layaknya storytelling. Misalnya dari cabang peta pikiran satu ke cabang lainnya. 


Namun, Prezi akan sulit digunakan jika kamu tidak terbiasa mengerjakan tugas dengan pola mind map, karena di setiap percabangan ide akan ada detail yang agak rumit. 

Selain itu tidak semua presentasi cocok dibuat dengan aplikasi ini. Misalnya presentasi yang sifatnya formal yang lebih cocok jika disampaikan dalam bentuk statis dan tidak terlalu banyak efek transisi.

2. Google Slides, Proyek Kelompok Jadi Lebih Mudah

Berikutnya yang akan kami bahas adalah Google Slides yang merupakan rangkaian aplikasi Google Apps.

Google Slides adalah aplikasi untuk presentasi yang bisa dilakukan secara online dapat dikerjakan dalam sistem kolaborasi bersama orang lain dengan cara log in lewat akun Google masing-masing.

Aplikasi ini akan sangat berguna jika kamu sedang mengerjakan proyek kelompok secara online. Tidak perlu pindah-pindah laptop, karena semua orang bisa mengaksesnya hanya dari link yang dibagikan.
5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point
Di aplikasi ini sudah tersedia template yang bisa kamu edit lagi warna dan semua komponen yang ada di dalamnya.


Mau memasukkan teks dengan jenis-jenis font yang kece, foto, animasi, video, grafik, efek transisi slide dan catatan tambahan seperti di Google Documents? Semua bisa kamu lakukan di sini, GenK.

Yakin masih mau mengabaikan kecanggihan Google Slides? 

3. Canva, Membuat Slide dengan Puluhan Grafik dan Font Menarik


Canva adalah aplikasi presentasi online yang akan kami bahas berikutnya. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan templatefont, simbol, dan chart yang bisa kamu gunakan secara gratis. Jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat grafik sendiri, GenK.

Caranya sangat mudah. Pilih menu yang ingin kamu tambahkan ke dalam slide. Misalnya kamu ingin menambahkan tulisan. Cukup ketik jenis font yang kamu inginkan di kolom pencarian. Praktis banget!

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point
Aplikasi presentasi ini menyediakan fasilitas untuk membuat CV yang menarikcover buku, poster, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga membuat slide presentasi loh. Cukup save datanya di device kamu dan sudah bisa langsung pakai deh. Hasilnya bisa kamu publikasian secara langsung saat presentasi atau dibagikan lewat link.

Untuk membuat Power Point kreatif, tinggal kamu modifikasi saja jenis hurufnya, background, warna, dan komponen desain lainnya. Buat slide semenarik mungkin. Materi yang berat sekalipun akan terasa menyenangkan jika disampaikan dengan visual kreatif.

Akan tetapi ada beberapa fitur yang baru bisa kamu gunakan jika sudah  berlangganan. Jadi tidak semua fitur bisa kamu akses secara gratis, GenK.


4. Zoho Show, Aplikasi untuk Streaming Presentasi


Zoho Show adalah aplikasi untuk presentasi dengan model tradisional. Bahkan tampilan desain UI-nya tidak jauh berbeda dari PowerPoint loh. 

Jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu log in dulu, GenK. Bisa lewat Facebook dan Google. Kemudian baru deh kamu bisa mengakses fiturnya. 
5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point Di aplikasi ini, kamu bisa menambahkan slide baru, mengganti desain template, memasukkan foto, video, dan masih banyak lagi. Sama perti Google Slides, di sini kamu bisa mengundang rekan kerjamu untuk edit dan review konten. Mereka juga bisa menyelipkan komentar loh, maka proyek kelompok jadi lebih mudah.


Selain itu, kamu juga bisa menyiarkan tayangan slide kamu secara online dan ada live chat yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan audiens. Wah canggih banget!


Sayangnya, beberapa desain template gratis dari Zoho Show terkesan kaku. Namun semuanya bisa diakali dengan menyusun desain slide ala kamu sendiri, GenK.

5. Slidebean


Aplikasi untuk presentasi yang terakhir akan kami bahas adalah Slidebean.


Slidebean adalah software presentasi yang didukung oleh kecerdasan buatan. Cocok banget digunakan ketika kamu ingin membuat slide presentasi secara online. Bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Serba praktis!

Di dalamnya sudah tersedia sistem yang mampu menganalisis konten dan membuat keputusan yang kemudian dioptimalkan secara otomatis untuk merancang slide buatanmu, GenK. 

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point
Ada banyak fitur mengejutkan yang ditawarkan oleh Slidebean. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakannya sebagai aplikasi presentasi alternatif selain PowerPoint.

Di dalamnya terdapat gambar dan GIF yang bisa kamu masukkan ke dalam slide presentasi, GenK. Sehingga slide-mu jadi jauh lebih menarik dibandingkan dengan slide yang statis. 



Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat marketing plancompany profilebusiness plan, dan masih banyak lagi kegunaannya, terutama untuk startups. 


Itu dia 5 rekomendasi aplikasi presentasi selain PowerPoint yang bisa menjadi pilihan alternatif ketika kamu ingin menyajikan sebuah informasi kepada publik. Kira-kira kamu mau coba yang mana nih, GenK?
0 Komentar untuk "5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point"

Back To Top